Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang yang
memiliki keahlian tertentu dengan tujuan yang sama dan fungsi tertentu yang
digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dan dilandasi dengan kepercayaan antar
anggota.meurut Gibson et
al.Organisasi = suatu entitas yang memungkinkan orang-orang mengejar keinginan/kebutuhan
yang tidak dapat dicapai secara individual. Dan menurut Gareth R.J. Organisasi
= Alat/ wahana yg digunakan orang-orang untuk mengkoordinasikan tindakan mereka
untuk memperoleh sesuatu yang mereka inginkan (nilai).
Efektivitas dan Efisiensi
Mengukur efektifitas dengan cara :
Official
Goals
a.
Official
goals merupakan prinsip dan arahan yang digunakan/ dinyatakan oleh organisasi
dalam laporan tahunan/ dokumen publik lainnya.
b.
Biasanya
tujuan ini terdapat dalam misi organisasi (tujuan yang menjelaskan mengapa
organisasi ada dan apa yang seharusnya dilakukan organisasi untuk mencapainya).
Operative Goals
a. Merupakan tujuan khusus jangka panjang
dan jangka pendek yang mengarahkan manajer dan pegawai untuk melakukan
aktivitas organisasi.
b. Manajer dapat menggunakan tujuan ini
untuk mengukur seberapa baik mereka memanage lingkungan
Mengukur efektivitas dengan menggunakan pendekatan :
1. Goal approach
a. Didasarkan
pada ide bahwa organisasi bersifat rasional, purposive entities, mengejar
misi, tujuan tertentu.
b.
Seberapa
baik mereka berfungsi atau efektif, diperhitungkan dengan seberapa sukses
mereka mencapai tujuannya.
c.
Beberapa
kesulitan yang terkait dengan pendekatan ini mencakup:
i.
pencapaian
tujuan tidak dapat langsung diukur pada organisasi yang tidak memproduksi
output tangible,
ii.
organisasi
memiliki beberapa tujuan,namun pencapaian satu tujuan menghalangi kemampuan mereka mencapai tujuan
lain,
iii.
keberadaan
set tujuan ofisial bagi anggota organisasi dipertanyakan
- Systems theory approach
- Asumsi à organisasi adalah entitas sosial yang ada karena merupakan bagian dari lingkungan yang lebih besar, sehingga untuk terus dapat survive, mereka harus dapat memberikan kepuasan terhadap lingkungan.
- Sistem dapat dikategorikan dalam 3 cara yaitu conceptual systems, concrete systems, dan abstract systems.
- Manajer harus melihat individu,
grup, struktur, dan proses organisasi sebagai bagian sebuah sistem,
sehingga manajer dapat mengidentifikasi tema umum dan khusus yang
membantu menjelaskan perilaku dan keefektifan orang-orang dalam
organisasi.
- Stakeholder perspective
- menyatakan organisasi ada untuk
memenuhi keinginan banyak individu dan institusi yang berbeda.
- Tiap konstituen ini memiliki
ekspektasi bahwa organisasi harus dapat memuaskan melalui kinerjanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar